Senin, 06 Maret 2023

Tafsir Al Manar, tulisan Muhammad Rashid Ridla atau Muhammad Abduh?

 Kita sering mendengar kitab Tafsir Alquran Al Hakim yang dikenal dengan nama Tafsir Al Manar. Ada orang yang menyebut buku ini ditulis oleh Muhammad Abduh, namun ada cendekiawan lain yang menyatakan bahwa buku ini ditulis oleh Muhammad Rasyid Ridla. Artikel ini sedikit membahas tentang masalah tersebut berdasarkan pembacaan kami dalam tafsir Al Manar dan literatur-literatur lainnya.

Semuanya bermula dari permintaan Muhammad Rashid Ridla kepada Muhammad Abduh, selaku penerus Jamaludin Al Afghani, untuk menyampaikan materi tafsir. Pernyataan ini dapat dibaca pada mukadimah Tafsir Al-Manar, 

اقترحت عليه أن يقرأ درسا في التفسير، وكان ذلك في شعبان سنة ١٣١٥ هـ ثم كررت عليه الاقتراح في رمضان، وكان يعتذر بما أذكر أهمه هنا. 

Kemudian Muhammad Abduh mulai menyampaikan pelajaran tafsir di Masjid Al Azhar pada bulan Muharram tahun 1317 Hijriyah dan berakhir pada bulan Muharram tahun 1323 Hijriyah ketika menafsirkan surat al-Nisa ayat 126 (وكان الله بكل شيء محيطا). Kami sebut masjid al-azhar sebagaimana bacaan yang kami ingat dalam literatur yang lain, seingat saya di disertasi Ahmad Shabu yang berjudul Manhaj Tafsir Al-Manar fi Al-Tafsir. Beliau menyatakan bahwa Abduh menyampaikan tafsir ini di Jami' Al-Azhar yang artinya masjid Al Azhar, berbeda dengan jami'ah yang artinya universitas. Penyampaian materi tafsir ini berakhir karena wafatnya beliau setelah 6 tahun mengajar. Berikut kami sertakan pernyataan Muhammad Rashid Ridla dalam mukadimah Tafsir Al Manar,

ولم أزل به حتى أقنعته بقراءة التفسير في الأزهر فاقتنع وبدأ بالدرس بعد ثلاثة أشهر ونصف أي في غرة المحرم سنة ١٣١٧ هـ وانتهى منه في منتصف المحرم سنة ١٣٢٣ هـ عند تفسير قوله تعالى: (وكان الله بكل شيء محيطا) من الآية ١٢٦ من سورة النساء، فقرأ زهاء خمسة أجزاء في ست سنين، إذ توفي لثمان خلون من جمادى الأولى منها رحمه الله تعالى وأثابه.

Selama penyampaian materi tafsir oleh Muhammad Abduh, Muhammad Rashid Ridla menulis materi-materi tersebut untuk diterbitkan di majalah Al Manar mulai jilid 3. Penerbitan jilid 3 ini mulai disebarkan pada tahun 1318 Hijriyah yang mana Muhammad Abduh masih hidup pada waktu itu. Proses penulisan ini juga tetap melibatkan Muhammad Abduh. Setelah Rasyid Ridla menyusun materi-materi tafsir dia menunjukkannya kepada Muhammad Abduh untuk dibaca ulang dan seandainya dibutuhkan terkadang beliau menambahkan beberapa kalimat. Selama proses ini tampak bahwa Abduh rela bahkan senang dengan apa yang disusun oleh Muhammad Rashid Ridla. Hal ini yang menjadi dasar bahwa tulisan-tulisan yang diambil dari materi tafsir Abduh itu disandarkan kepada beliau. Seandainya Rashid Ridla akan menambahkan, maka beliau akan menyatakan "aku berkata" (اقول) atau dengan pernyataan lain yang menunjukkan bahwa itu adalah tambahan dari beliau. Berikut ini adalah bukti pernyataan Rasyid Ridla dalam Mukaddimah Tafsir Al Manar,

وكنت أكتب في أثناء إلقاء الدرس مذكرات أودعها ما أراه أهم ما قاله، وأحفظ ما أكتب لأجل أن أبيضه، وأمده بكل ما أتذكره في وقت الفراغ، ولم ألبث أن أقترح على بعض الراغبين في الاطلاع عليه من قراء المنار في البلاد المختلفة، ومن الحريصين على حفظه من الإخوان بمصر أن أنشره في المنار. فشرعت في ذلك في أول المحرم سنة ١٣١٨ هـ وذلك في المجلد الثالث من المنار، وكنت أولا أطلع الأستاذ الإمام على ما أعده للطبع كلما تيسر ذلك بعد جمع حروفه في المطبعة وقبل طبعه. فكان ربما ينقح فيه بزيادة قليلة أو حذف كلمة أو كلمات، ولا أذكر أنه انتقد شيئا مما لم يره قبل الطبع، بل كان راضيا بالمكتوب بل معجبا به. على أنه لم يكن كله نقلا عنه ومعزوا إليه، بل كان تفسيرا للكاتب من إنشائه، اقتبس فيه من تلك الدروس العالية جل ما استفاده منها، لذلك كنت أعزو إليه القول المنقول عنه إذا جاء بعد كلام لي في بيان معنى الآية أو الجملة على الترتيب، فإذا انتهى النقل وشرعت بكلام لي بعده قلت في بدئه (أقول) ولم يكن هذا التمييز ملتزما في أول الأمر بل يكثر في الجزء الأول ما لا عزو فيه، ومنه ما هو مشترك بين ما فهمته منه ومن كتب التفسير الأخرى أو من نص الآية على أنني عبرت عنه بأمال مقتبسة.

Pada akhir tafsir surat Al-Nisa ayat 126, Muhammad Rasyid ridho menjelaskan bahwa ini adalah penafsiran terakhir Muhammad Abduh yang disampaikan di masjid Al Azhar. Ridho akan meneruskan tafsir ini dengan metode sebagaimana yang diajarkan atau digunakan oleh guru beliau Muhammad Abduh. Selain ini, Abduh juga telah menulis tafsir yang ringkas juz 30. Aduh meninggal pada tahun 1323 Hijriyah bulan Jumadil awwal. Demikian pernyataan Rashid Ridla pada akhir penafsiran Surat al-Nisa ayat 126,

(يقول محمد رشيد رضا مؤلف هذا التفسير) : هذه الآيات كانت آخر ما فسره شيخنا الأستاذ الإمام الشيخ محمد عبده في الجامع الأزهر، فرضي الله عنه وجزاه عن نفسه وعنا خير الجزاء، وسنستمر في التفسير على هذه الطريقة التي اقتبسناها منه إن شاء الله تعالى وإن كنا محرومين في تفسير سائر القرآن من الفوائد والحكم التي كانت تهبط من الفيض الإلهي على عقله المنير إلا في الجزء الثلاثين، فإنه كتب له تفسيرا مختصرا مفيدا، وكان فراغه من تفسير هذه الآية في منتصف المحرم سنة ١٣٢٣ هـ، وقد توفي شهر جمادى الأولى

Ada informasi yang belum kami peroleh dari Mukaddimah Tafsir Al Manar ini, yakni terkait bagaimana proses penerbitan tafsir Muhammad Abduh dari majalah Al Manar kemudian dirubah dalam kitab Tafsir Alquran Al Hakim atau juga yang dikenal dengan nama Tafsir Al-Manar. Namun, pernyataan Muhammad Rashid Ridlo pada akhir penafsiran Surat al-Nisa ayat 126 bahwa ayat tersebut adalah ayat terakhir yang ditafsirkan oleh Muhammad Abduh selain juz 30 dalam buku lainnya, pernyataan tersebut menunjukkan bahwa penafsiran mulai Al-Fatihah sampai Surat al-Nisa ayat 126 merupakan penafsiran Muhammad Abduh. Wallahu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar